Berita Desa

Sambut HUT ke-90, GKPB Tirta Amerta Gelar Aksi Donor Darah

06 Desember 2022
Administrator
Dibaca 43 Kali
Sambut HUT ke-90, GKPB Tirta Amerta Gelar Aksi Donor Darah

TIBUBENENG – Jemaat Gereja Kristen Protestan Bali (GKPB) Tirta Amerta Pelambingan menggelar aksi donor darah sebagai salah satu kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke-90, Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Aksi donor darah ini bekerjasama dengan PMI Kabupaten Tabanan, Minggu, (04/12) di Gedung Serba Guna GKPB Tirta Amerta Pelambingan.

Ketua Panitia Made Suartana mengatakan Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan GKPB Tirta Amerta Pelambingan tiap tahunnya sebagai wujud kepedulian sosial jemaat Tirta Amerta kepada sesama.

“Donor darah tahun ini berhasil pecah rekor. Pada tahun 2021, peserta yang lolos donor kurang lebih 25 orang. Namun pada tahun ini, total pendaftaran donor sebanyak 43 orang dan peserta yang lolos donor sebanyak 34 orang,” jelas Suartana.

Bagi peserta yang lolos mendapatkan bingkisan, kacang hijau dan telur rebus yang sudah disediakan oleh panitia dan PMI Kabupaten Tabanan.

Aksi tersebut berhasil mengumpulkan 34 kantong darah yang masing-masing berisi 350 ml dan setiap kantong memiliki volume yang berbeda. Kantong darah selanjutnya dibawa oleh PMI untuk disalurkan ke Rumah Sakit yang membutuhkan darah.

Sementara itu, Majelis Penatua GKPB Tirta Amerta Kompyang Darma Susila mengatakan, Donor darah merupakan kegiatan yang memberikan banyak manfaat. Tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk semua orang yang membutuhkan. Donor darah juga membantu orang yang menderita penyakit seperti kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, talasemia, dan kanker darah. Mendonorkan darah secara teratur terbukti bermanfaat dan menyehatkan tubuh pendonor.

“Beberapa manfaat donor darah rutin bagi kesehatan, yaitu dapat mendeteksi penyakit serius seperti HIV, Sifilis, Hepatitis B dan C, serta Malaria. Dengan melakukan pemeriksaan darah rutin, maka penyakit dapat dideteksi sedini mungkin. Selain itu donor darah dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah serta membantu menurunkan berat badan,” terangnya.

Dengan mengetahui beberapa manfaat donor darah, diharapkan dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat untuk mendonorkan darahnya secara rutin sehingga suplai darah terus terisi dan tubuh menjadi sehat.

“Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut dan bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan darah diluar sana,” pungkasnya.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image