Berita Desa

Sekaa Teruna Banjar Dawas Raih 5 Besar Lomba Baleganjur Melasti HUT Mangupura

27 Oktober 2022
Administrator
Dibaca 40 Kali
Sekaa Teruna Banjar Dawas Raih 5 Besar Lomba Baleganjur Melasti HUT Mangupura

MANGUPURA – Sekaa Teruna (ST) Susila Dharma Banjar Dawas berhasil meraih 5 Besar (Harapan 2) dalam Lomba Baleganjur Melasti yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Badung dalam rangka HUT Mangupura yang ke-XIII Tahun 2022 bertempat di Panggung Terbuka Balai Budaya Giri Nata Mandala Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Selasa (25/10)

Pembina Tabuh ST Susila Dharma I Gede Eka Prasetya mengatakan tabuh yang dibawakan pada lomba Baleganjur Melasti yang pertama kali digelar di Puspem Badung tersebut berjudul Mekiyis. Mekiyis atau kata lain dari Melasti adalah suatu rangkaian upacara penyucian yang dilakukan setahun sekali.

“Penggambaran gending ini berawal dari proses nedunang, memargi, sampai ilan (kegiatan-red) upacara yang ada di segara seperti mesamuan, sampai gending Ida Betara budal,” jelasnya.

Gede Eka menyebut persiapan yang cukup singkat sekitar 1 bulan tersebut tidak menjadi halangan bagi ST Susila Dharma untuk berkreativitas. Ia berharap generasi muda tidak pernah melupakan budaya Bali.

Sementara itu, Perbekel Tibubeneng I Made Kamajaya yang hadir langsung ke lokasi lomba mengatakan puas atas penyajian garapan murni karya ST Susila Dharma tersebut.

“Kami merasa puas atas penampilan anak-anak kami ST Banjar Dawas dalam lomba baleganjur melasti serangkaian HUT Mangupura ini. Dengan waktu yang sangat singkat, anak-anak kita bisa berlatih dan tampil memukau, tampil rapi dan intinya berani tampil, itu yang utama,” ucap Kamajaya.

Perbekel Kamajaya mengungkapkan hal tersebut adalah hasil dari pembinaan yang terus dilakukan oleh Pemerintah Desa dan pihak terkait.

“Ini merupakan hasil dari pembinaan kita yang terus-menerus dan konsisten sehingga kami bangga, selain itu yang kami banggakan Sekaa Teruna Banjar Dawas tampil dengan satu sebunan semua berasal dari Banjar Dawas, itu yang kami apresiasi luar biasa,” tuturnya.

Ia berharap pembinaan-pembinaan tersebut dapat terus dikawal oleh prajuru banjar dan tokoh-tokoh seni yang ada di Banjar Dawas sehingga kegiatan positif ST Banjar Dawas dapat terus berlangsung.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image